Rabu, 05 Agustus 2009

Wudhu

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Perkara sholat adalah perkara yang sangat penting bagi setiap muslim. Sholat tidak terlepas dari syarat sahnya sholat salah satunya adalah Wudhu ( baca bersuci ). Karena Alloh Swt memerintahkan kepada hambanya untuk melakukan bersuci ketika hendak melaksanakan sholat. Bisa kita lihat perintah Alloh Swt didalam Qs. Al-Maidah/5 : 6, yang artinya :


" Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur".




Dan juga sabda Nabi Saw :


Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Jika engkau hendak mengerjakan shalat maka sempurnakanlah wudlu', lalu bacalah (ayat) al-Quran yang mudah bagimu, lalu ruku'lah hingga engkau tenang (tu'maninah dalam ruku', kemudian bangunlah hingga engkau tegak berdiri, lalu sujudlah hingga engkau tenang dalam sujud, kemudian bangunlah hingga engkau tenang dalam duduk, lalu sujudlah hingga engkau tenang dalam sujud. Lakukanlah hal itu dalam dalam sholatmu seluruhnya." Dikeluarkan oleh Imam Tujuh lafadznya menurut riwayat Bukhari. Menurut Ibnu Majah dengan sanad dari Muslim: "Hingga engkau tenang berdiri." Bulughul maram No.278

Maka dari itu marilah kita mempelajari Wudhu sebagaimana Rasululloh berwudhu. Mari kita perhatikan hadits-hadits yang terdapat pada Kitab Bulughulmaram karya Imam Ibnu hajar al-asqolani dibawah ini :



  1. Hadits ke-55. Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tidaklah sah wudlu seseorang yang tidak menyebut nama Allah." Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Majah dengan sanad yang lemah.
  2. Hadits ke-37. Dari Humran bahwa Utsman meminta air wudlu. Ia membasuh kedua telapak tangannya tiga kali, lalu berkumur dan menghisap air dengan hidung dan menghembuskannya keluar, kemudian membasuh wajahnya tiga kali. Lalu membasuh tangan kanannya hingga siku-siku tiga kali dan tangan kirinya pun begitu pula. Kemudian mengusap kepalanya, lalu membasuh kaki kanannya hingga kedua mata kaki tiga kali dan kaki kirinya pun begitu pula. Kemudian ia berkata: Saya melihat Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam berwudlu seperti wudlu-ku ini. Muttafaq Alaihi.

  3. Hadits ke-38. Dari Ali Radliyallaahu 'anhu tentang cara berwudlu Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, dia berkata: Beliau mengusap kepalanya satu kali. Dikeluarkan oleh Abu Dawud. Tirmidzi dan Nasa'i juga meriwayatkannya dengan sanad yang shahih, bahkan Tirmidzi menyatakan bahwa ini adalah hadits yang paling shahih pada bab tersebut.

  4. Hadits ke-39. Dari Abdullah Ibnu Zain Ibnu Ashim Radliyallaahu 'anhu tentang cara berwudlu, dia berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mengusap kepalanya dengan kedua tangannya dari muka ke belakang dan dari belakang ke muka. Muttafaq Alaihi.

  5. Hadits ke-40. Lafadz lain dalam riwayat Bukhari - Muslim disebutkan: Beliau mulai dari bagian depan kepalanya sehingga mengusapkan kedua tangannya sampai pada tengkuknya, lalu mengembalikan kedua tangannya ke bagian semula.

  6. Hadits ke-41. Dari Abdullah Ibnu Amr Radliyallaahu 'anhu tentang cara berwudlu, ia berkata: Kemudian beliau mengusap kepalanya dan memasukkan kedua jari telunjuknya ke dalam kedua telinganya dan mengusap bagian luar kedua telinganya dengan ibu jarinya. Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Nasa'i. Ibnu Khuzaimah menggolongkannya hadits shahih.


ANGGOTA BADAN YANG WAJIB UNTUK DIBASUH

Bedasarkan Qs. Al-maidah/5:6 anggota badan yang wajib dibasuh dan diusap adalah :

  • Membasuh wajah / muka.
  • Membasuh kedua tangan sampai dengan siku.
  • Mengusap kepala.
  • Membasuh kedua kaki sampai dengan mata kaki.


ANGGOTA BADAN YANG WAJIB DAN SUNNAH UNTUK DIBASUH



Berdasarkan Qs.Al-maidah/5;6 dan hadits-hadits diatas, anggota badan yang dibasuh dan diusap adalah :

  • Mencuci telapak tangan 3X
  • Berkumur dan menghirup air dengan hidung dan mengeluarkan air dari hidung 3X.
  • Membasuh muka 3X.
  • Membasuh tangan kanan sampai dengan siku 3X.
  • Membasuh tangan kiri sampai denagan siku 3X.
  • Mengusap kepala dari depan digerakkan kebelakang sampai tengkok dan kembali kedepan langsung jari telunjuk masukkan kedalam lubang telinga dan ibu jari mengusap telinga dengan 1X usapan saja.
  • Membasuh kaki kanan sampai dengan mata kaki 3X.
  • Membasuh kaki kiri sampai dengan mata kaki 3X.
  • Selesai.
  • Jangan lupa baca doa setelah wudhu dengan doa:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
Artinya :“Aku bersaksi, bahwa tiada Tuhan yang haq kecuali Allah, Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi, bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya”. HR.Muslim ( Bulughul maram No.62 ).


Semoga bermanfaat.


Insya Alloh bersambung bab tayamum.

Tidak ada komentar: